Xiaomi Redmi 4a
Informasi panduan ini untuk bisa root android atau smartphone Xiaomi  4a. Sebelum melakukannya harus diperhatikan  hal pertama, harus diketahui lebih banyak tentang root android. Root android adalah kunci performance kerja smartphone  dengan lebih baik. Root pada dasarnya sama dengan jailbreaking pada Apple. Intinya adalah pengguna akan mendapatkan hak keistimewaaan setara dengan developer dan bisa melaukan perombakan yang cukup signifikan sampai pada tataran sistem sekalipun. Root akan meningkatkan kinerja smartphone yang lebih baik dari sebelumnya. kinerja smartphone lebih baik, kecepatan respon kerja smartphone, aplikasi kecepatan kerja dan lain-lain kegiatan smartphone meningkat untuk smartphone android. Dengan kata lain, fungsi root pada android adalah untuk memberi hak akses penuh bagi pengguna smartphone android agar bisa masuk ke sistem dasar android. Melalui root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Apabila diistilahkan dalam windows, tingkatan root sama dengan administrator, dimana ia diberi hak untuk bisa melakukan apa saja dalam sistem windows
 
 
Jika user ingin unroot perangkat android atau smartphone, mudah dilakukan  karena ada aplikasi android yang akan bekerja untuk unrooting perangkat android apapun dengan mudah. Untuk perangkat unrooting, user harus men-download unroot root APK di perangkat smartphone-nya serta harus menjalankan APK untuk unroot. Root akan meningkatkan kinerja baterai smartphone sebagai hasilnya, sehingga user dapat menggunakan smartphone sampai waktu yang lama. Berikut untuk root Xiaomi Redmi 4a.

1.      Root Xiaomi Redmi 4a tanpa PC
·         Koneksi Xiaomi Redmi 4a dengan internet
·         Download & instal iRoot APK
iroot APK

·         Aktifkan mode USB Debugging dari Xiaomi redmi 4a (Apps - Pengaturan - pengaturan tambahan - opsi Developer - USB debugging)
·         Pasang iRoot pada smartphone 4a Xiaomi redmi
·         Jalankan alikasi iRoot dan tekan stu kik pilihan Root.
·         Itu mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk menyelesaikan root.
·         Check root status (download Root checker).

2.      Langkah kedua adalah Root smartphone dengan koneksi PC.
Untuk root tanpa PC, tidak berhasil atau belum tersedia untuk smartphone atau android lainnya.
·         Aktifkan koneksi internet dengan PC atau laptop.
·         Download software iRoot untuk PC.
·         Instal Software iRoot dengan PC anda.
·         Setelah menyelesaikan instalasi, jalankan programnya.
·         Sekarang menghubungkan kabel USB dengan Xiaomi redmi 4a ke PC.
·         Pastikan bahwa modus USB debugging diaktifkan pada perangkat Xiaomi.
·         Sekarang klik root.
·         Tunggu beberapa menit hingga menyelesaikan proses rooting.

·         Sekarang smartphone android Xiaomi redmi 4a telah berhasil root.