Konformasi adalah suatu penataan ruang tertentu dari atom – atom dalam molekul. Struktur etana dapat digambarkan dalaa dua konformasi (bentuk) yang ekstrim. Konformer – konformer hanya berbeda dalam rotasi atom – atom sekeliling ikatan tunggal. Sesungguhnya terdapat sejumlah yang tidak terbatas konformasi yang mungkin bagi suatu molekul. Salah satunya konformasi eklips (eclipsed conformation), dimana ikatan – ikatan C-H dari atom karbon yang satu tepat dibelakang ikatan C-H pada atom karbon yang lain jika dilihat sepanjang sumbu ikatan C-C. Pada konformasi stagger (staggered conformation), dapat melihat seluruh ikatan molekul jika dilihat sepanjang ikatan C-C

konformasi etana

        Rumus proyeksi Newman berguna dalam penggambaran konformasi ini. Jika ikatan C-C tegak lurus bidang muka dan lingkaran menyatakan bidang yang terpisah, karbon muka dan karbon belakang.

konformasi proyeksi Newman

        Ikatan karbon – karbon tunggal simetris terhadap sumbu ikatan. Rotasi sekeliling ikatan C-C haruslah bebas. Jika ada sedikit hambatan terhadap rotasi. Enargi bebas etana paling rendah dalam konformasi stagger dan meningkat begitu mencaai konformasi eklips. Energi yang dibutuhkan untuk mengubah suatu molekul dari konformasi stagger yang satu ke lain sangat kecil dibandingkan dengan energi rata – rata molekkul dalam kondisi biasa. Oleh karena itu, pada suhu kamar, rotasi sekeliling ikatan tunggal dalam etana pada hakekatnya bebas.
energi konformasi